Blog Competition

New Langit Musik, Musiknya Hidup Kamu

Musik sudah akrab di telinga saya sejak kecil. Lagu yang dinyanyikan oleh Farid Hardja dan Lucky Resha yang berjudul “Ini Rindu”menjadi lagu favorit sejak balita. Kata orang tua, ketika menyanyikan lagu ini, tangan saya langsung mengikuti gaya dari Farid Hardja, sambil bersenandung riang…

INDOLAWAS.jpg
Sumber : indolawas.blogspot.com

“Oh..aku rindu…katakan padanya aku rindu”

“Oh burung…nyanyikankah.. katakan padanya aku rindu”

PERKEMBANGAN MUSIK

Beranjak remaja, jenis musik yang saya sukai beraneka ragam. Mulai dari pop, rock, pop rock, britpop, RnB, jazz, reggae dan masih banyak lagi. Ketika saya suka beberapa lagu dari musisi yang sama, tanpa pikir panjang, biasanya langsung pergi ke toko kaset supaya lagu-lagu favorit bisa saya dengarkan berulang kali di tape. Beberapa kaset dan CD yang saya koleksi berasal dari musisi lokal mulai dari Sherina, Audi, Ari Lasso, Ada Band, Utophia, Andien, Melly Goeslaw dengan soundtrack film ciptaannya seperti Ada Apa Dengan Cinta (AADC) dan Eiffel.. I’m in love. Juga musisi mancanegara seperti Britney Spears, Michelle Branch, Westlife, Linkin Park, Simple Plan, Gwen Stefani, dan masih banyak lagi.

images-5
Sumber : kahfiez.blogspot.co.id

Seiring berjalannya waktu, alat pemutar musik juga mengalami perubahan. Dari bentuk piringan hitam, kaset, vcd, hingga kini digital.  Di era digital seperti sekarang ini, musik dapat dengan mudahnya di unduh bebas melalui internet. Sangat disayangkan jika, masih banyak orang yang belum bisa menghargai karya hak cipta lagu dari para musisi dengan baik. Padahal di balik lagu yang indah, butuh kerja keras serta proses yang tidak mudah dari para musisi untuk bisa menciptakan lagu berkualitas dan dapat diterima dengan baik oleh seluruh pecinta musik. Nah..sebagai upaya untuk memberikan penghargaan kepada para musisi yang telah menciptakan lagu berkualitas, Telkomsel memberikan fasilitas lebih ke pelanggannya untuk bisa mendengarkan musik favorit melalui aplikasi Langit Musik.

APA ITU “LANGIT MUSIK” ?

Langit Musik adalah layanan download dan streaming lagu  secara legal dan tanpa batas melalui PC dan Smartphone. Dengan mengaktifkan Langit Musik, pelanggan bisa bebas mengunduh dan streaming seluruh lagu di katalog Langit Musik. LangitMusik sebenarnya sudah diluncurkan sejak tanggal 18 Januari 2010. Hebatnya..LangitMusik menjadi pelopor portal musik yang legal dan berhasil mengurangi pembajakan hasil karya musik. Hanya dalam hitungan bulan, LangitMusik berhasil mengantungi Rp. 150 juta perbulannya dengan 40.000 lagu diunduh tiap bulannya.[1] Hingga saat ini Langit Musik dan MelOn adalah pemain terbesar di industri musik online Indonesia dengan koleksi lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional. [2] dengan kualitas suara dolby audio quality. *tepuk tangan*

giphy
Sumber : giphy.com

Layanan streaming lagu ini merupakan hasil kerja sama Telkomsel dengan PT.MelOn Indonesia. MelOn Indonesia adalah perusahaan gabungan antara perusahaan induk Telkom Indonesia (Telkom Group) dan perusahaan telekomunikasi Korea, SK Telecom. Namun sejak Desember 2016, kepemilikan SK Telecom beralih ke Telkom Group, sehingga sejak saat itu MelOn merupakan perusahaan nasional yang dimiliki oleh BUMN Telkom Group. Artinya, Langit Musik sudah 100% milik Indonesia. Per 1 Februari 2017, aplikasi yang diunduh melalui Android sudah melampaui 1 juta download. [3] Sebuah prestasi yang menggagumkan ya..

NEW LANGIT MUSIK, MUSIKNYA HIDUP KAMU

Langit musik kini memperbarui berbagai fitur dan menu tambahan dari versi sebelumnya. Yang jelas, indera pendengaran kita sebagai pengguna akan semakin dimanjakan dengan beberapa fitur terbaru dari LangitMusik, seperti

LOGO

New LangitMusik hadir dengan tampilan logo baru yang lebih fresh. Gambar headphone, terlihat jelas merepresentasikan bahwa LangitMusik ini adalah aplikasi musik yang kekinian.   

TAMPILAN

Hadir dengan interface baru yang lebih simpel dan user friendly. Mudah untuk dioperasikan walaupun kita sebagai pengguna baru.  

 

OFFLINE MODE

Sekarang lebih mudah untuk mendengarkan lagu dimana saja dan kapan saja. Karena lagu bisa diunduh (bebas kuota internet), kemudian didengarkan secara offline. Caranya gampang tinggal geser panel ke mode listen offline maka secara otomatis lagu-lagu favorit kita tetap bisa didengarkan secara offline.

Jadi walaupun tidak ada koneksi internet, kita tetep bisa dengerin lagu favorit..yeyy…

Jika kita ingin menyimpan lagu di luar playlist, terdapat fitur save the song dan remove from queque jika ingin menggantinya.

SECURITY

Lebih mudah mendapatkan password ketika sign up dan merubah password. Ketika sign up secara otomatis kita mendapatkan SMS kode verifikasi berisi password sementara yang kemudian diubah di menu account bagian bawah sendiri.

LIRIK LAGU

Tampilan lirik lagu yang lebih baik. Lirik lagu bisa kita lihat dengan 2 mode yaitu lirik per bait lagu dan lirik keseluruhan lagu walaupun saat lagu diputar. Ini membantu banget kalau saya lupa lirik waktu nyanyi di acara kondangan hihi..

Sambil memutar lagu kita bisa melihat profil musisi yang kita dengarkan. Kita juga bisa follow akun mereka, supaya tidak ketinggalan  update musik terbaru dari musisi favorit.

EXPLORE

Di dalam fitur Explore terbagi menjadi 2 sub bagian menu yaitu For You dan Browse.

For You

Di dalam sub bagian menu ini, kita akan direkomendasikan berbagai playlist dengan berbagai genre yang berasal dari beragam musisi. Playlist yang direkomendasikan disini berdasarkan lagu yang kita simpan maupun lagu yang di pilih ke dalam playlist dan juga playlist yang telah dibuat oleh pengguna lain serta LangitMusik.       

Browse

Di dalam sub bagian menu ini, kita akan dimanjakan dengan lagu dalam kategori New Release, Lagu-lagu yang sering diputar oleh pengguna di dalam Top Hits, serta musisi yang paling banyak di follow serta sering dicari lagu-lagunya di dalam Trending Artist.

Pilihan lagu berdasarkan berbagai Moods seperti chill, energetic, gloomy, love drama, falling in love, mixed emotion, breakup, family time, unsteady. Kadang kita kepengen dengerin musik sesuai dengan kondisi yang kita alami. Semisal, sedang berlibur bersama keluarga, kita bisa pilih family time agar sekeluarga bisa mendengarkan lagu dan bernyanyi bersama-sama.

Dilengkapi juga dengan berbagai Genres seperti rock, global, everlasting, stay calm, switch your mood, mood booster, sing a long, party, let’s dance. Semisal sedang ada acara ulang tahun dan berkumpul bersama teman-teman, bisa pilih genres party atau let’s dance agar suasana semakin ramai dan meriah. Seruu yaa..   

Jika kita sentuh tanda = di ujung sebelah kiri menu explore maka muncul sub bagian menu lain yaitu :

#TAGSTATION

Di dalam fitur sub bagian menu ini kita diajak untuk mendengarkan berbagai macam genres dan tema. Kita akan dibuat penasaran dengan lagu-lagu di balik tiap tema. Iya.. penasaran karena hanya tertera gambar di tiap tema dan tidak ada keterangan musisi juga lagu sebelum kita sentuh tema tertentu. ketika kita memilih tema yang akan kita dengarkan lagunya, lagu baru akan terdengar. Unik yaa..

TRENDING

Yang membuat beda LangitMusik dengan aplikasi musik lainnya karena ada fitur sub bagian menu ini. Beda karena kita bisa melihat dan mengetahui lagu-lagu yang sedang hits dan sering di putar dari setiap provinsi di seluruh Indonesia. Keren yaa..      

MY MUSIC

Di fitur fitur sub bagian menu My Music ini berisi aktifitas kita selama mendengarkan musik. Tampilan fitur My Music terbaru semakin memudahkan kita untuk melihat history lagu yang sudah didengar di playlist, mengetahui dengan mudah berapa lagu yang sudah kita dengarkan, berapa playlist yang sudah kita buat. 

Oya.. kita juga bisa membuat playlist sendiri dan share playlist kita ke teman-teman sesama pengguna, melalui facebook dan twitter agar mereka juga bisa ikutan denger lagu-lagu yang ada dalam playlist kita. Kita juga bisa mengganti lagu-lagu yang ada dalam playlist kita dengan fitur remove from playlist.

 NOTIFICATION

Dengan adanya fitur sub bagian Notification memudahkan kita untuk mendapatkan update lagu-lagu terbaru dari musisi favorit serta teman-teman. Ada fitur Shared with me dimana teman-teman dan musisi favorit bisa membagikan playlist lagu mereka. Yang saya suka di sini fitur Promos, karena banyak kuis dengan hadiah keren-keren loh…seperti ketemu langsung dengan musisi favorit kita, liat konser musik secara live, smartphone, uang tunai, pulsa telkomsel dan masih banyak lagi. Kalau ga pengen ketinggalan kuis, harus sering-sering cek fitur promos ini. Hihii..  

CARA AKTIVASI LANGIT MUSIK

Sekarang sudah pada tahu yaa..aplikasi ini worth it banget ada di dalam smartphone kita, supaya tiap saat bisa tetap mendengarkan lagu-lagu favorit. Mau tau cara aktivasi nya?

Gampang banget kok..

Tinggal cari aplikasi yang bernama Langit Musik di smartphone kamu, kemudian unduh dan install melalui play store bagi pengguna android.

Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Setelah sukses terinstall di smartphone kita, langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi Langit Musik. Kemudian pilih Sign Up bagi pengguna baru. Jika sudah pernah berlangganan Langit Musik sebelumnya maka pilih Log In. Jika pilih Sign Up, maka kita diminta untuk memasukkan nomor telkomsel yang ingin didaftarkan dan masih aktif.
  2. Setelah itu kita akan dapat SMS kode verifikasi dari 96161, pada saat bersamaan secara otomatis akan terkoneksi dengan aplikasi Langit Musik. Kode verifikasi ini menjadi password sementara yang selanjutnya bisa diubah pada menu Account.
  3. Setting account kita dengan isi data profile dan foto. Account ini bisa kita koneksikan ke facebook dan twitter. Di menu Settings kita bisa atur notifikasi, bahasa, privacy, equalizer, manage storage, about Langit Musik.
  4. Pelanggan baru akan langsung mendapatkan paket Freemium alias gratis. Supaya bisa mendengarkan lagu dimana saja dan kapan saja tanpa koneksi internet, perlu mendaftar paket Premium. Paket Premium bisa kamu dapetin, hanya dengan Rp. 22.000,-/30 hari atau Rp. 6.600,-/ 7 hari yang akan dipotongkan langsung dari pulsa telkomselmu. Kalau diitung-itung relatif terjangkau, karena per harinya kita hanya ngeluarin pulsa kurang dari Rp. 1000,- untuk dengerin musik sepuasnya dengan kualitas dolby audio. Kurang baik apa yaa.. LangitMusik ini.

 

Tampilan Langit Musik di PC 

Biasanya saya, saat ngetik buat blog ditemani musik supaya lebih semangat dan ga bosen. Tinggal klik website Langit Musik, kita sudah bisa mendengarkan musik favorit,  sama seperti yang ada dalam smartphone kita. Namun, interface Langit Musik di website belum sama seperti di smartphone. Kita tunggu saja perkembangannya yaa..

  1. Caranya, masuk ke menu Subscription kemudian ada pilihan paket premium untuk 30 hari atau 7 hari.
  2. Centang salah satu pilihan paket, kemudian sentuh tombol upgrade.
  3. Halaman confirmation akan muncul, kemudian pilih tanda √ untuk berlangganan dan secara otomatis akan mengirimkan SMS ke 96161.
  4. Kemudian mendapat balasan SMS dari 96161, yang isinya “Anda telah berlangganan layanan Langit Musik ….”. Bisa juga dengan cara manual melalui SMS dengan format, ketik “REG NEWLM” KIRIM KE 96161. Mudah kan..

 

Perbedaan fitur yang akan kalian dapet di paket Freemium dan Premium

FEATURES

FREEMIUM

PREMIUM

PREMIUM

Price

Rp. 0,-

Rp. 6.600,- (cut pulse)

Rp. 22.000,- (cut pulse)

Sign Up

Yes

Yes

Yes

Offline Play

No

Yes

Yes

Skip Songs

Limited (10 songs/week)

Unlimited

Unlimited

Consume Data Quota

No

No

No

Advertising

Yes

No

No


SARAN BOLEH YAA..

Secara keseluruhan aplikasi ini menurut saya sangat mudah dioperasikan, tampilannya juga oke dan pastinya memanjakan saya sebagai pecinta musik. Namun akan lebih sempurna lagi jika ditambahkan fitur-fitur seperti :

  1. Koleksi Lagu : kelengkapan koleksi lagu agar lebih diperlengkap, lagu kesukaan saya “Ini Rindu” yang dipopulerkan oleh Farid Hardja dan Lucky Resha ini belum ada. Tolong yaa..segera dilengkapi di daftar koleksi lagu nostalgia. Juga perbanyak koleksi lagu anak-anak.
  2. Karaoke : kebetulan saya punya hobi nyanyi, jadi kalau ditambahkan fitur karaoke yang bisa merekam suara pasti lebih kece. Fitur ini bisa digunakan di menu promos untuk ikutan kuis-kuis juga. Jadi kuisnya dalam bentuk karaoke, lagu dari musisi yang bersangkutan. Dan tentunya bisa di share ke semua sosial media.
  3. Lirik : masih saya temui beberapa lagu yang belum ada liriknya, jadi tolong dilengkapi ya..
  4. Live version : Akan lebih berwarna jika ada live version yang diambil ketika musisi yang bersangkutan konser, bisa secara format band, akustik maupun kolaborasi dengan musisi lain.       
  5. Music News : Bisa ditambahkan fitur update berita terbaru seputar musik, seperti berita mengenai penghargaan musik yang akan digelar, event musik yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, jadwal tur konser musisi jika menyelenggarakan konser di Indonesia. Akan lebih lengkap lagi jika ada fitur kalender yang menginformasikan ulang tahun tiap musisi.

 

Untuk update informasi terbaru seputar LangitMusik, kalian bisa follow sosial medianya

Facebook : Langit Musik

Twitter : @LangitMusik616

Instagram : @LangitMusik_616

Gimana udah pada unduh aplikasi LangitMusik di smartphone kalian ?

Semoga review singkat ini bisa memberi manfaat khususnya bagi seluruh pecinta musik.  

Sumber referensi :

  1. http://teknologi.news.viva.co.id
  2. https://id.techinasia.com
  3. https://id.wikipedia.org
  4. http://www.langitmusik.co.id

Sumber gambar :

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”

Advertisements

12 thoughts on “New Langit Musik, Musiknya Hidup Kamu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s