Pregnancy

Perjalanan Memenuhi Nutrisi Terbaik untuk yang Teristimewa

Hamil merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada tiap pasangan yang telah menikah. Ketika pertama kali melihat tanda dua strip di alat tes kehamilan rasanya luar biasa bahagia. Tanda bahwa tidak lama lagi secara otomatis peran, tanggung jawab, sikap, status akan berubah menjadi orangtua. Itulah yang saya rasakan dua tahun lalu, ketika tahu pertama kalinya hamil. Alhamdulillah selama hamil saya tidak merasakan keluhan yang dialami banyak orang seperti mual, lemas, ataupun tekanan darah tinggi. Bisa dibilang kehamilan pertama berjalan menyenangkan hingga menjelang kelahiran.

Setelah umur Kimika 18 bulan, rasanya ingin kembali menjalani program hamil anak kedua. Karena suami saya telah membuat program maksimal punya anak di usia 31 tahun. Agar perencanaan kedepannya berjalan optimal, maklum orangtua kami dahulu menikah di usia terbilang telat sehingga menikahkan putra putrinya dalam kondisi sudah tidak produktif lagi. Harapan kami, kelak ketika anak-anak telah dewasa dan menikah, saya dan suami masih dalam usia produktif dan sehat. Amiin..

Kemudian saya mendapatkan undangan dari Prenagen untuk mengikuti Prenagen Pregnancy Educational Journey pada Minggu 30 Juli 2017, dan kembali diadakan di beberapa kota. Surabaya menjadi kota ketiga setelah sebelumnya diselenggarakan di Jakarta dan Jogjakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye “Prenagen Peduli, Ibu Sehat Indonesia” serta sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang selalu menjadi “sahabat terbaik”, menemani para calon orangtua dalam menjalankan perannya, dan memberikan edukadi secara berkelanjutan. Ada banyak sekali bekal yang akan didapatkan baik oleh para calon orangtua maupun yang telah menjadi orangtua seperti saya.

PRENAGEN PPEJ
Sambutan dari Gus Ipul

Acara dibuka dengan sapaan hangat Mona Ratuliu yang juga akan menjadi moderator di sepanjang acara PPEJ 2017. Bapak wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab dipanggil Gus Ipul pun bersama perwakilan dari POGI turut hadir untuk mendukung penuh kegiatan ini. Beliau juga sempat memberikan sedikit sambutan dan menyatakan dukungannya yang bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu hamil, ibu dan anak saat melahirkan khususnya di Jawa Timur, dengan menganjurkan para calon orangtua untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya dan memperhatikan nutrisi ibu selama hamil.

Plasenta Terbaik Untuk Yang Teristimewa

Dijelaskan langsung oleh dr. Boy Abidin, SpOG (K), plasenta merupakan jalur penghubung janin dengan Ibu oleh karena itu harus diperhatikan kesehatannya karena akan memberikan dampak jangka panjang pada si kecil.

“You are WHAT your mother eat”. Nutrisi yang dikonsumsi ibu akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke Janin, sehingga pemilihan nutrisi yang berkualitas sudah menjadi kewajiban bagi ibu selama masa hamil. Kebutuhan nutrisi Ibu hamil tidak terbatas pada vitamin dan mineral tertentu saja, namun sangat banyak dan beragam, sehingga diperlukan nutrisi pendukung untuk dapat masuk kedalam tubuh Ibu dan janin. Susu Ibu hamil merupakan nutrisi pendukung terbaik untuk membawa zat nutrisi ke janin.

Dr. Boy juga menambahkan, pentingnya peran plasenta dalam kehamilan yang sehat antara lain :

  • Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin,
  • Membuat zat beracun,
  • Mekanisme imunologi (kekebalan tubuh),
  • Produksi hormon untuk perkembangan janin.

Jika plasenta tidak dijaga dengan baik, maka dapat berdampak hingga komplikasi serius seperti preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas sampai dengan kematian janin. Selain itu plasenta juga berperan dalam pembentukan sistem saraf, mekanisme transport DHA. Salah satu komponen dari sistem saraf adalah kecerdasan atau kognitif.

Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan USG rutin ketika kontrol usia kehamilan. Tujuannya agar mengetahui perkembangan kondisi plasenta pada janin.

Tumbuh Kembang Terbaik Untuk Yang Teristimewa

Dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K) mengutarakan mengenai difinisi tumbuh dan berkembang pada anak.

Tumbuh pada anak berhubungan dengan bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi bada, lingkar kepala.

Kembang pada anak berhubungan dengan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan pesona, kemampuan bersosialisasi.

Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang terbagi dua, yakni

Faktor Internal berasal dari genetik, ras, usia, jenis kelamin.

Faktor Eksternal berasal dari nutrisi, lingkungan, penyakit, stimulasi.

Dr. Herbowo juga menjelaskan, ASI sebagai nutrisi terbaik untuk bayi. Seperti yang kita telah ketahui, ASI merupakan nutrisi terpenting untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Nutrisi dalam ASI dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.

Ada berbagai manfaat dari kandungan yang terdapat dalam ASI, seperti

Laktosa : berperan dalam pembentukan memori jangka panjang

Kolostrum : mengandung tinggi kolesterol yang menunjang pembentukan myelin (selubung penghantar impuls).

Zat besi : berperan penting untuk perkembangan otak anak. Anak yang kekurangan zat besi saat umur 6 bulan menunjukkan myelin yang kurang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat.

Sebagai orangtua, penting untuk selalu memantau perkembangan si kecil. Dapat melalui posyandu yang diadakan rutin tiap bulan di sekitar tempat tinggal. Dengan cara rutin mengukur lingkar kepala, berat badan dan tinggi badan si kecil. Si kecil dapat dikatakan tumbuh optimal jika perkembangannya sesuai dengan grafik tumbuh kembang lingkar kepala, berat badan dan tinggi badan si kecil. Biasanya grafik akan terlihat cenderung naik, grafik tumbuh kembang biasanya terdapat dalam buku Kartu Menuju Sehat (KMS).

Bugar Saat Hamil Dengan Senam PrenaFit

PRENAGEN PPEJ
Senam PRENAFit

Sesi senam prenafit akan dipandu langsung oleh Adianti Reksoprodjo, seorang instruktur pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat senam prenatal dan post-natal. Rutin berolah raga selama hail merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperlancar proses persalinan. Hal ini sudah saya rasakan sendiri, selama hamil terutama trimester ketiga, saya rajin bergerak dan berolahraga. Biasanya saya ikut senam hamil dan rajin jalan pagi. Manfaatnya sangat terasa ketika melahirkan, saya dapat mempraktikan teknik pernafasan saat mengikuti senam hamil. Menurut saya, gerakan dan teknik pernafasan sukses untuk menahan rasa sakit saat menjelang proses kelahiran karena munculnya kontraksi dari janin.

Manfaat melakukan senam PRENAFit antara lain,

Untuk ibu hamil :

  1. Membantu ibu beristirahat dengan tenang,
  2. Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan,
  3. Meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat proses persalinan,
  4. Mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil,
  5. Mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata (fetal macrosamia).

Untuk bayi, menurut Clapp, 1998 :

  1. Menurunkan resiko obesitas pada bayi di kemudian hari, dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan.
  2. Bayi lebih tenang,
  3. Mempunyai skor kecerdasan umum yang lebih tinggi,
  4. Kemampuan berbahasa lisan yang lebih baik hingga usia 5 tahun.

Sharing Bersama Brand Ambassador Prenagen

PRENAGEN PPEJ
Sharing bersama Andien dan Ippeh

Tidak ketinggalan Andien dan suami kembali hadir serta berbagi cerita selama hamil hingga mengasuh buah hatinya Kawa. Seperti yang kita tahu, walaupun sedang hamil Andien tetap aktif dan rajin berolahraga, sehingga tetap kelihatan bugar. Andien mengaku, selama hamil suami selalu mendukung penuh dan selalu setia mendampingi. Agar ibu dan janin tumbuh sehat, Andien dan suami mempercayakan Prenagen sebagai tambahan nutrisi terbaik, apalagi saat hamil Andien mengalami mual sehingga mau tidak mau nutrisinya juga berkurang.

“Untuk mengatasi mual saat hamil, saya rutin konsumsi Prenagen mommy emesis. Sehingga mual dapat teratasi,” ucap Andien

Tidak hanya suami, Prenagen pun setia mendampingi Andien sejak sebelum hamil.

Sebelum hamil

Andien mengkonsumsi Prenagen esensis untuk mempersiapkan nutrisi ibu dengan minum Prenagen Esensis 3-4 bulan sebelum menikah, agar kondisi tubuh siap untuk proses tumbuh kembang janin yang akan dikandung.

Mual saat hamil

Untuk mengurangi mual khususnya saat hamil trimester pertama, Andien konsumsi Prenagen Mommy Emesis, dengan kandungan protein dan vitamin B6 yang telah teruji klinis mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90%, sehingga nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi.

Saat hamil

Jika sudah tidak mengalami mual, Andien rutin konsumsi Prenagen Mommy untuk melengkapi nutrisinya dan janin. Sekarang sudah tersedia kemasan UHT loo, jadi praktis dibawa berpergian kemana aja dan kapan aja.

Saat menyusui

Andien percaya ASI merupakan nutrisi terbaik untuk Kawa hingga usia 2 tahun. Agar kualitas dan kuantitas ASI optimal, Andien rutin mengkonsumsi Prenagen Lactamom.

Saat hamil, menyusui, dan kapan saja

Andien juga melengkapi nutrisi harian dengan konsumsi Prenagen Juice. Kemasannya yang praktis sehingga Prenagen Juice dapat dikonsumsi dimana saja dan kapan pun. Terdiri dari 2 varian yaitu

  1. Pomegranate dan anggur
  2. Buah dan sayur

Saat ini Prenagen hadir dengan formula terbaru yaitu PrenaPro yang dirancang khusus untuk memberikan kebutuhan nutrisi ibu diawal 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Mengandung formula yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin baik selama hamil dan menyusui, seperti asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, protein, zat besi, vitamin D, omega 3 dan omega 6, kolin.

Supaya menu yang disajikan lebih variatif dan tetap bergizi, di sela-sela acara Chef Eddrian Tjhia dihadirkan untuk meramu menu sehat dan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui. Saya sempat mencoba, smoothies pepaya dan pisang yang diramu dengan Prenagen Juice. Rasanya enak loo..bisa di praktekin di rumah nih. Menu ini juga bisa dikonsumsi oleh seluruh keluarga di rumah. Jadi nutrisi kita dan keluarga sama-sama terpenuhi. Sehat yaa..

PicsArt_08-07-03.34.25
Smoothies pepaya + pisang..yummy

Peluncuran Aplikasi Hallo Bumil

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan para Ibu hamil dan menyusui dapat dijadikan sebagai panduan serta sumber informasi seputar kehamilan terutama dari segi nutrisi. Ada berbagai fitur menarik yang bisa didapatkan melalui aplikasi Hallo Bumil, antara lain

PRENAGEN PPEJ
Interface aplikasi Hallo Bumil

Fitur Timeline Kehamilan, para calon ibu dapat memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Fitur Artikel, tersedia berbagai informasi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Artikel yang tersedia disesuaikan dengan usia kehamilan. Si kecil seakan-akan bercerita mengenai pertumbuhan dan perkembangan dirinya dari hari ke hari.

Fitur Kontrol Kehamilan, Bunda dapat memonitor kehamilannya melalui berat badan mingguan.

Hallo bumil dapat diunduh melalui Google playstore atau www.hallobumil.com/android.

Berbagai Booth Untuk Calon Orangtua

Ketika datang pertamakali, kita bisa langsung mengikuti berbagai fasilitas yang telah disediakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, seperti :

Bump to Birth Consultation

PicsArt_08-07-03.30.28

Bunda dapat cek kesehatan serta berkonsultasi seputar kehamilan dengan dokter dari Rumah Sakit Mitra Keluarga. Rumah Sakit Mitra Keluarga juga memberikan informasi untuk merencanakan tempat kelahiran.

Bump to Birth Corner

PicsArt_08-07-03.29.31

Ayah dan Bunda juga mendapatkan informasi seputar perawatan bayi baru lahir oleh ibu bidan. Mulai dari cara menyusui yang benar, cara memandikan bayi serta prosedur pijat bayi yang benar. Pijat sangat baik untuk perkembangan saraf dan tumbuh kembang si kecil.

Bump to Booth Nutrition

PicsArt_08-07-03.33.41

Chef Eddrian Tjhia akan mengenalkan cara membuat berbagai smoothies sehat dan bergizi yang dicampur dengan prenagen Juice atau susu prenagen. Resepnya prakis dan bisa dinikmati oleh orang sekeluarga.

Bump to Birth Expert

PicsArt_08-07-03.51.42

Pengunjung mendapatkan informasi mengenai seluruh produk Prenagen, sekaligus bisa mencicipi langsung prenagen juice dan susu. Serta ada berbagai promo menarik, jika membeli selama acara.

Quisioner Susu Prenagen

PicsArt_08-07-03.32.16

Tiap pengunjung yang datang selalu diberikan kuisioner yang harus diisi ketika telah merasakan langsung berbagai varian susu prenagen. Tujuannya agar prenagen dapat terus meningkatkan cita rasa dan kualitas produk kedepannya.

Hallo Bumil

PicsArt_08-07-03.43.34

Bunda mendapatkan informasi seputar aplikasi hallo bumil, mulai dari cara pemakaiannya dan manfaat yang akan didapatkan.

Photo Booth

PRENAGEN PPEJ

Rasanya ada yang kurang ya jika belum mengabadikan momen saat hamil bersama orang tersayang. Prenagen memfasilitasinya dengan adanya photo booth.

Demikianlah keseluruhan rangkaian kegiatan PPEJ 2017, acara berjalan lancar dan antusiasme pengunjung sangat baik serta positif demi memberikan nutrisi terbaik untuk yang teristimewa.

Sampai ketemu lagi di PPEJ tahun berikutnya..

Advertisements

One thought on “Perjalanan Memenuhi Nutrisi Terbaik untuk yang Teristimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s